Senin, 16 Desember 2013

“STUDI PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA BAGIAN PRODUKSI DI PT.INDUSTRI SANDANG NUSANTARA



Kementerian  Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2012

Abstrak

Niken Tasaniar (Sheva_7@rocketmail.com)
STUDI PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA BAGIAN PRODUKSI DI PT. INDUSTRI SANDANG NUSANTARA (PERSERO) PATAL 1 CILACAP.
xii + 52 : tabel, halaman, lampiran

PT.Industri Sandang Nusantara (Persero) Patal Cilacap adalah Industri yang bergerak dalam bidang tekstil, mulai beroprasi dengan kapasitas produksi 30.000 mata pintal, dengan adanya peresmian Pabrik Tjilatjap II dengan demikian kapasitas produksi Patal Tjilatjap seluruhnya menjadi 60.000 mata pintal (TP.1, 2), dengan jumlah pekerja sekitar 1.042 orang. Dengan jumlah pekerja yang cukup banyak terdapat suatu kemungkinan terjadinya suatu kecelakaan kerja. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya hal tersebut salah satunya adalah dengan Alat Pelindung Diri bagi pekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan APD serta mendeskripsikan jenis, jumlah, kondisi, kesesuaian APD, dan mendeskripsikan pelaksanaan pengawasan penggunaan APD.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan selama 5 hari. Dari 33 responden pekerja disertai pengisian kuesioner dan cheklist tentang APD. Data yang didapat adalah data sekunder dari Kantor PT.Industri Sandang Nusantara (persero) Patal Cilacap dan data primer dari pekerja atau mandor pada bagian produksi.
Hasil penelitian yang dilakukan dari 33 responden yang diteliti semua peggunaan alat pelindung diri 100%, Jenis APD 4 jenis, jumlah alat pelindung diri 33 buah, kondisi alat pelindung diri 100%, kesesuaian alat pelindung diri 100%, dan pengawasan penggunaan alat pelindung diri dilakukan setiap hari pada jam kerja. Bagi PT.Industri Sandang Nusantara (Persero) Patal Cilacap diharapkan selalu membersihkan atau menjaga alatpelindung diri setelah digunakan.
Disimpulkan dari penelitian ini APD yang digunakan atau yang disediakan sudah baik dan memenuhi syarat. Perlu adanya pengawasan secara rutin dan pekerja mempertahankan penggunaan APD yang  sudah berjalan dengan baik.


Daftar Bacaan            : 11 (1994-2012)
Kata Kunci                  : Alat Pelindung Diri, Tekstil
Klasifikasi                   : -
Full text

Tidak ada komentar:

Posting Komentar