Kamis, 18 Agustus 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2016

Abstrak
Afdela Fiftina Merdekawati (afdelafiftina1995@yahoo.com)
STUDI  DESKRIPTIF  HYGIENE  SANITASI  PENGOLAHAN  MAKANAN  DI INSTALASI GIZI RSJD dr. Arif Zainudin SURAKARTA TAHUN 2016
XIV + 80 halaman : gambar, tabel, lampiran

Makanan yang sehat dan aman merupakan salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Berbagai macam penyakit dapat ditularkan pada pasien di rumah sakit melalui makanan akibat dari pengolahan makanan yang tidak sehat, oleh karena itu pengolahan makanan dirumah sakit perlu mendapat perhatian yang lebih seksama.. Tujuan Penelitian untuk mengetahui kondisi hygiene sanitasi pengolahan makanan di Instalasi Gizi. 
Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif, karena peneliti mengamati secara langsung terhadap kondisi nyata pada Instalasi Gizi. Subyek dari penelitian ini adalah penjamah makanan,tempat,upaya hygiene sanitasi pengolahan makanan, dan kualitas mikrobiologi minuman. Sampel dari penelitian ini adalah semua penjamah makanan yang berjumlah 10 orang, tiga sampel minuman teh siap saji. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen Kuisoner, checklist dan pemeriksaan laboratorium.
Hasil penelitian menunjukkan kondisi upaya hygiene sanitasi, personal hygiene penjamah, kondisi fisik instalasi gizi sudah memenuhi syarat. Hasil laboratorium pemeriksaan E.Coli menunjukkan
0/100ml sampel minuman teh.
Kesimpulan penelitian ini adalah hygiene sanitasi pengolahan makanan di Instalasi Gizi RSJD dr. Arif Zainudin Surakarta sudah memenuhi syarat, personal hygiene penjamah makanan sudah memenuhi syarat, kondisi fisik instalasi gizi sudah memenuhi syarat, dan hasil Hasil pemeriksaan laboratorium pemeriksaan E.Coli menunjukkan 0/100ml sampel minuman teh, hal tersebut sudah sesuai dengan Kepmenkes No. 1204 tahun 2004 tentang kesehatan lingkungan rumah sakit, bahwa kadar E.Coli dalam makanan dan minuman yaitu harus 0/gr sampel makanan dan 0/100ml sampel minuman. Saran untuk Instalasi Gizi agar penjamah makanan selalu membiasakan menggunakan masker saat bekeja.

Daftar bacaan           : 16 (1985 – 2004)
Kata kunci                 : hygiene sanitasi, instalasi gizi Kualitas mikrobiologi makanan dan minuman.
Klasifikasi                  : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar