Kamis, 18 Agustus 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, 25 Juli 2016


Abstrak
Afifah Nurul Azmi (afifahazmi80@yahoo.com)
HUBUNGAN INTENSITAS SUARA DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN PEKERJA UNIT KILN PT. HOLCIM INDONESIA Tbk. CILACAP PLANT TAHUN 2016
xvi + 142 halaman: tabel, gambar, lampiran

Pengukuran intensitas suara yang dilakukan oleh departemen Occupational Health and Safety PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant tahun 2015 diketahui bahwa nilai intensitas suara di Unit Kiln
melebihi NAB yaitu berkisar antara 88,9 dB sampai 111,2 dB. Intensitas suara di tempat kerja
sebesar 85 dB selama 8 jam dapat beresiko memberikan efek gangguan pendengaran.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan intensitas suara dengan gangguan pendengaran pekerja Unit Kiln PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant. 
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan metode cross sectional. Variabel yang dianalisis adalah variabel bebas (intensitas suara), variabel terikat (gangguan pendengaran), variabel pengganggu (umur, masa kerja, penggunaan alat pelindung telinga, lama paparan, suhu, kelembaban). Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling seluruh pekerja patrol pada Unit Kiln PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant tahun 2016 sebanyak 16 orang.
Hasil analisis uji statistik menggunakan uji Pearson Product Moment menunjukkan tidak ada hubungan antara intensitas suara dengan gangguan pendengaran telinga kiri, telinga kanan dan kedua telinga pada pekerja Unit Kiln PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant tahun 2016. Diperoleh nilai hitung rxy = 0,073; 0,161 dan 0,019 menunjukkan hubungan yang sangat rendah. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan tidak ada hubungan intensitas suara dengan gangguan pendengaran pekerja Unit Kiln PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant tahun 2016. Saran bagi OHS department melakukan pemeriksaan lebih lanjut tentang alasan pekerja tidak menggunakan APT dan dilakukan pemantauan secara rutin penggunaan APT pada pekerja saat bekerja. Bagi pekerja agar bekerja sesuai dengan SOP yang sudah ada dan menggunakan APT saat bekerja serta saling mengingatkan dalam penggunaan APT.

Daftar Bacaan      :   34 (1989 – 2015)
Kata Kunci           :   Intensitas suara, gangguan pendengaran
Klasifikasi             :    -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar