Selasa, 19 Januari 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013
 
Abstrak  
Warsini ( chinie.cute@gmail.com)
DESKIPSI KEPADATAN DAN JANIS LALAT  DI PASAR KROYA KABUPATEN  CILACAP TAHUN 2013
xviii + 87 : narasi, gambar, tabel, lampiran

Keberadaan lalat akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan yaitu dapat menularkan penyakit melalui beberapa bagian tubuh lalat seperti bulu badan, muntahan, dan fecesnya. Penyakit yang disebabkan lalat antara lain thipoid fever, parathypoid fever, disentri basiler, dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepadatan lalat, jenis lalat, kondisi sanitasi, dan upaya pengendaliannya di Pasar Kroya.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian hanya mendeskripsikan tentang kondisi sanitasi, kepadatan lalat, jenis lalat, dan upaya pengendalian lalat di Pasar Kroya. Data yang diperolaeh kemudian dianalisis dalam bentuk tabel dengan membandingkan hasil pengukuran dengan standar yang ada.
Hasil kepadatan lalat di Pasar Kroya adalah 5 ekor/blok grill, termasuk dalam kepadatan sedang sehingga perlu pengamanan terhadap tempat-tempat berbiaknya lalat. Upaya pengendalian lalat di Pasar Kroya tidak ada.
Simpulan penelitian ini adalah di Pasar Kroya ditemukan adanya kepadatan lalat yang tinggi, sehingga perlu diadakan pengendalian lalat. Saran upaya pengendalian lalat yang dapat dilakukan adalah memberi penutup pada tempat sampah dan tempat sampah yang kedap air. 

Daftarbacaan      : 16 (1985-2013)
Kata kunci          :  Lalat
Klasifikasi          :
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar