A.
SISTEM
LAYANAN
Sistem layanan yang dipakai perpustakaan terpadu kampus 7 Purwokerto,
adalah sistem terbuka (open acces), dimana pengunjung perpustakaan bisa secara
langsung menuju ke ruang koleksi dengan leluasa mencari dan memilih buku yang
di inginkan baik untuk dibaca di tempat, di foto kopi maupun di pinjam.fflain.
Namun perlu dipahami oleh segenap pemustaka, bahwa layanan perpustakaan
ini terintegrasi dengan sistem layanan berbasis komputer offlain. Sehingga
setiap pengunjung diharapkan selalu memasukan data identitas melalui komputer
kunjungan yang tersedia di pintu masuk perpustakaan.
B.
JAM
LAYANAN
Perpustakaan buka setiap hari jam kerja
Senin – Jum’at dengan jam layanan sebagai berikut :
Senin – Jum’at : 08.00
- 15.30
Istirahat layanan
Senin – Kamis : 12.00
- 13.000
Jum’at : 11.30
- 13.00
C.
JENIS
LAYANAN
Guna menunjang kepuasan pemakai dalam
menelusur berbagai informasi, perpustakaan perpustakaan menyediakan layanan
sebagai berikut :
1. Layanan
administrasi
Layanan
administrasi dikategorikan 2 jenis, yaitu adminitrasi persuratan dan
administrasi keanggotaan
Adminstrasi persuratan diantaranya adalah :
a. Administrasi
surat keluar dan masuk
b. Administrasi
surat pengantar
c. Administrasi
surat keterangan bebas pustaka
2. Layanan
sirkulasi
Layanan
yang diberikan kepada pemustaka dalam bentuk penjaman, pengembalian dan
perpanjangan koleksi. Pemustaka wajib melakukan absensi terlebih dahulu.
Pastikan setelah memasukan NIM, layar komputer sudah menunjukan proses absensi
selesai.
a. Prosedur
peminjaman
b. Prosedur
pengembalian
c. Prosedur
perpanjangan
3. Layanan
refferensi
Layanan
refferensi (rujukan) disediakan untuk membantu setiap pemustaka dalam mencari
informasi khusu yang bisadi rujuk pada koleksi refferensi. Ada 2 macam jenis
koleksi rujukan, yaitu tercetak dan digital. Dengan layanan ini pemustakadapat
mengajukan permintaan bantuan kepada petugas referensi, selanjutnya petugas
akan menindak lanjuti sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pemustaka. Ada 2
jenis layanan rujukan yang diberikan yaitu,
a. Layanan
rujukan cepat
b. Layanan
pemakai sumber rujukan
4. Layanan
pembaca yaitu layanan yang diberikan petunjuk dan pemandu pemakai perpustakaan
dalam menggunakan koleksi serta fasilitas perpustakaan.
5. Layanan
digital library
6. Layanan
abonemen
Sebagai
perwujudan layanan kepada masyarakat umum, perpustakaan membuka layanan
abonemen, yaitu layanan bagi non anggota perpustakaan kampus 7 Purwokerto untuk
berkunjung dan mengakses informasi di perpustakaan. Prosedur layanan-nya adalah
a. Lapor
kepada petugas
b. Mengisi
daftar hadir
c. Menyerahkan
biaya abonemen.
7. Layanan
foto kopi, pemustaka harus menghungbungi petugas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar