Jumat, 27 September 2019

STUDI ANGKA KUMAN UDARA DI RUANG NICU (Neonatal Intensive Care Unit) RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, 01 Mei 2019
Abstrak
Dian Putri Utami (dianputriu.1405@gmail.com)
STUDI ANGKA KUMAN UDARA DI RUANG NICU (Neonatal Intensive Care Unit) RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA TAHUN 2019
xvii + 101 halaman : gambar, tabel, lampiran

Ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit) merupakan unit perawatan intensif untuk bayi baru lahir (neonates) yang memerlukan perawatan khusus. Ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit) masuk kedalam Zona Risiko Tinggi karena termasuk ruangan intensif (Kepmenkes RI No. 1204, 2004). Sekitar 10-20% Infeksi nosokomial dapat disebabkan kualitas udara ruang perawatan pada Rumah Sakit, karena beberapa cara transmisi kuman penyebab infeksi dapat ditularkan melalui udara Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jumlah angka kuman udara di ruang NICU RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
Jenis penelitian deskriptif observasional, dengan metode pendekatan crossectional untuk mengetahui jumlah angka kuman pada ruang NICU RSUD Dr. Moewardi Surakarta dan dibandingkan dengan standar atau regulasi yang ada. Pengumpulan dilakukan dengan pemeriksaan dan perhitungan angka kuman, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil pemeriksaan dan perhitungan, angka kuman udara rata-rata di ruang NICU RSUD Dr. Moewardi adalah 187,2 CFU/m3, dan memenuhi persyaratan (standar baku mutu <200 10.="" 130="" 2.5="" 22="" 24="" 31="" 56="" 93="" adalah="" baik="" cfu="" dalam="" dan="" debu="" dengan="" di="" g="" hasil="" kadar="" kategori="" kelembapan="" kesehatan="" kondisi="" lingkungan="" lux.="" m3="" masuk="" nicu="" nilai="" p="" pencahayaan="" pengukuran="" pm="" rata-rata="" rata="" ruang="" sangat="" sebesar="" suhu="" untuk="">
Kesimpulan penelitian ini adalah jumlah angka kuman udara di ruang NICU adalah memenuhi syarat berdasarkan Kepmenkes No.1204/MENKES/SK/X/2004. Peneliti menyarankan agar pihak rumah sakit dapat memasang ionplasmacluster untuk menurunkan angka kuman udara, melakukan dehumidifier dengan memasang silica gel sebagai desiccant untuk menurunkan kelembapan ruangan yang tinggi.

Daftar Bacaan : 23 (2002 – 2018)
Kata Kunci      : Angka Kuman, Udara, Rumah Sakit, Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi       : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar