Minggu, 06 Oktober 2019

DESKRIPSI KONDISI RUMAH PADA KEKAMBUHAN ASMA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, 17 Mei 2019
Abstrak
Iska Puji Lestari (iskapujilestrai50@gmail.com)
DESKRIPSI KONDISI RUMAH PADA KEKAMBUHAN ASMA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019
XIV+ 86 halaman: 12 tabel, 4 gambar, 11 lampiran

Asma merupakan penyakit inflamasi (peradangan) kronik saluran napas yang ditandai adanya mengi episodik, batuk, dan rasa sesak di dada akibat penyumbatan saluran napas, termasuk dalam kelompok penyakit saluran pernapasan kronik. Faktor yang mempengaruhi prevanlensi penyakit asma antara lain usia, jenis kelamin, ras, sosio-ekonomi dan faktor lingkungan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran kondisi rumah pada kekambuhan asma di Wilayah Kerja Puskesmas 1 Kembaran Kabupaten Banyumas.
Jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pemicu dan karakteristik yang berhubungan dengan kekambuhan asma di Wilayah Puskesmas 1 Kembaran. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 penderita dari populasi yang ada. Pengumpulan data umum dan data khusus dilakukan dengan wawancara, observasi, dan pengukuran di lapangan.
Hasil penelitian  jumlah penderita asma di Wilayah Kerja Puskesmas 1 Kembaran sebanyak 30 orang, terdiri dari laki-laki 17 orang (56,67%) dan perempuan 13 orang (43,33%). Faktor pemicu terjadinya kekambuhan asma pada penderita asma adalah tungau debu sebanyak 30 rumah (100,00%), kepemilikan binatang piaraan di rumah penderita asma yaitu 23 rumah (77,00%) dan hewan piaraan yang paling adalah jenis burung sebanyak 13 rumah (44,00%). kelembaban udara yang tidak memenuhi syarat sebanyak 22 rumah (73,00%), adanya perokok di rumah penderita asma sebanyak 27 rumah (90,00%).
Kesimpulan faktor pemicu terhadap kekambuhan asma adalah tungau debu, kepemilikan binatang piaraan, asap rokok, dan kelelmbaban udara. Bagi masyarakat untuk mencegah terjadinya kekambuhan asma hendaknya menghilangkan kebiasaan merokok di dalam rumah, selain itu pihak puskesmas perlu memberikan penyuluhan tentang asma bronkiale agar masyarakat mengetahui cara penanggulangan asma dan faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya asma bronkiale.

Daftar Bacaan : 22 (1990-2017)
Kata Kunci     : Asma, faktor pencetus, kekambuhan asma
Klasifikasi      : -
Fulltext

1 komentar:

  1. Ilmu semua ini.. Jarang ada Orang Ingin berbagi ilmu seperti ini..
    Sangat bermanfaat gan...

    Salam sukses Dari Blog Komunitas Ayam Jago - Pemainayam.vip

    Di Komunitas Ayam Jago, kami suka berbagi edukasi tentang ayam jago secara gratis :)

    BalasHapus